Friday, October 1, 2010

HIJRAH...

Allah tidak Akan Mengubah Nasib Sesuatu Kaum, Melainkan Mereka yg Berusaha Mengubahnya..


Stop Dreaming Start Action itulah yang semestinya kita terapi dalam hidup ini, baik dalam hal pekerjaan maupun kehidupan sehari hari.

Setiap orang pasti mepunyai impian, entah itu mimpi jadi orang kaya, jadi doktor atau bahkan mimpi menjadi seorang Perdana menteri. Namun tidak setiap orang berusaha keras untuk meraih mimpi, menjadikan mimpi menjadikan kenyataan. Perlukan kerja keras dan usaha yang sungguh sungguh untuk membuatnya menjadi kenyataan.

Anda boleh saja bermimpi dan memang dianjurkan untuk mempunyai impian, karena dengan impian itu kita punya harapan, dengan harapan itu kita mempunyai tujuan hidup. Bayangkan jika kita tidak ada tujuan hidup, mungkin kita akan melakukan bunuh diri.

Ada seseorang yang menginginkan dirinya menjadi kaya, namun dia tidak berusaha dengan sungguh sungguh untuk mendapatkannya, iaitu hanya dengan berpangku tangan dan berharap suatu saat aka nada pekerjaan yang bagus baginya atau bahkan ada yang berharap kaya dari tak mempunyai apa2.

Ada lagi orang yang mempunyai mimpi suatu saat akan memiliki kereta mewah. Namun dia hanya berharap dari undian berhadiah, dan tidak mahu berusaha dengan gigih.

Ada pula yang bermimpi mempunyai istri yang cantik padahal dia tidak mempunyai apa apa, tidak hencem, tidak punya pendapatan tetap, kelakukan buruk , dan seterusnya.

Dalam islam kita memang diharuskan start action (baca : ikhtiar) , kita tidak bisa hanya berdoa saja (baca tawakkal) dan berpangku tangan saja apalagi hanya bermimpi (baca dreaming) . Makna doa itu sendiri adalah berusaha, jadi salah kaprah kalo ada orang berdoa saja dan tidak berusaha.

Orang yang hanya bermimpi saja cenderung malas, hanya akan mengharapkan bantuan dari orang lain dan. Wang tidak akan datang dengan sendirinya, dengan kita hanya berpangku tangan.

Memang segala sesuatu telah diatur oleh allah, namun allah juga benci kepada orang yang hanya berpangku tangan saja. Uang tidak akan pernah jatuh dari langit begitu saja tanpa kita berusaha

Allah berfirman dalam surat QS. Ar-Ra'du (13):11

Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri yang merubahnya

Memang allah menganjurkan kita untuk menyerahkan segala sesuatunya kepada-Nya, namun tawakkal tidak berarti hanya berdiam diri dan tidak berusaha, Hendaknya setiap muslim bersungguh-sungguh dan berusaha untuk mendapatkan penghidupan. Hanya saja ia tidak boleh menyandarkan diri pada kelelahan, kerja keras dan usahanya, tetapi ia harus meyakini bahwa segala urusan adalah milik Allah, dan bahwa rezeki itu hanyalah dari Dia semata.

Marilah kita mulai hari ini menyadarkan diri kita, bahwa segala sesuatu memang tidak semudah dari yang kita fikirkan , namun juga tidak sesulit itu. Dengan ikhtiar dan tawakal mari kita jalani hidup ini dengan penuh kekhusuan mengharapkan ridha allah swt.

P/s: Marilah mulai hari ini , "Stop Dreaming Start Action"

No comments: